Sabtu, 07 November 2009

GLOBAL WARMING

Global warming atau pemanasan global saat ini menjadi isu internasional. Isu tersebut muncul karena pemanasan global mempunyai dampak yang sangat besar bagi bumi dan kehidupan makhluk hidup, yaitu perubahan iklim bumi dan kenaikan permukaan air laut yang telah kita rasakan saat ini.
Pemanasan global adalah kenaikan suhu permukaan bumi karena meningkatnya gas karbon / efek rumah kaca. Peningkatan efek rumah kaca terutama disebabkan oleh pencemaran udara sehingga suhu bumi naik dan menyebabkan terjadinya pemanasan global.
Dampak utama dari pemanasan global adalah perubahan iklim global yang akan mengakibatkan antara lain : peningkatan permukaan air laut, penurunan hasil panen pertanian dan perikanan, perubahan keaneka ragaman hayati, mencairnya es di kutub utara dan selatan. Pencairan es tersebut yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Peningkatan permukaan air laut memperbesar resiko banjir dan menyempitnya daratan di bumi.
Indonesia seperti banyak Negara berkembang lainnya nampaknya bukan salah satu penyumbang terbesar bagi pemanasan global di bumi. Walaupun demikian jika pola penggunaan energy dan perkembangan industri serta perusakan hutan yang terjadi berlangsung terus. Ada kemungkinan bahwa Indonesia akan turut bertanggung jawab terhadap terjadinyapemanasan global.
Bahwa karbondioksida Indonesia saat ini terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 2010 diperkirakan karbondioksida akan meningkat 5 kali dari kadar tahun 1986. Hal ini terjadi akibat peningkatan konsumsi listrik rumah tangga dan industri serta penggunaan energi yang tak efisien.
Pemanasan global akan menyebabkan naikknya permukaan air laut yang dikhawatirkan akan menenggelamkan daerah – daerah pesisir daratan rendah di bagian utara Jawa, timur Sumatera, selatan Sulawesi dan pulau – pulau Sunda kecil.
Tanda – tanda pemanasan global sudah kita rasakan di Indonesia. Jika pemanasan global benar – benar terjadi maka yang akan kita alami adalah kemarau panjang dan curah hujan di atas normal dalam sekala yang lebih besar dan lebih luas sehingga dapat menimbulkan kurugian yang cukup besar.
Untuk menghilangkan ancaman – ancaman pemanasan global secara menyeluruh gas – gas rumah kaca harus dikurangi antara lain dengan :
- Menghentikan penggundulan hutan diikuti dengan penanaman kembali hutan – hutan yang telah gundul akibat penebangan liar.
- Pengurangan karbondioksida dari bahan bakar fosil.
- Konsumsi listrik dikurangi,vdapan melalui penggunaan lampu yang lebih efisien.
- Transportrasi menggunakan 1/3 dari keseluruhan konsumsi bahan bakar minyak bumi.
- Hemat bahan bakar.
- Teknologi menggunakan sumber energi yang dapat diperbaharui.
Kita bisa melakukan apa yang sekiranya bisa menghindari ancaman pemanasan global. Mari kita lestarikan lingkungan hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar